2019-10-29

Pendampingan Program Santri Milenial

BPTP JAWA TENGAH
...

Siapa bilang santri hanya pintar sembahyang dan mengaji?

Di zaman Industri 4.0, setiap pemuda memang dituntut dapat beradaptasi dengan perubahan situasi dan kondisi yaitu era milenial saat ini termasuk para santri yang hidup di wilayah pendidikan terpadu atau pesantren.

Program santri tani milenial yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian merupakan program yang sangat baik untuk menambah semangat regenerasi petani sekaligus membangun kemandirian pertanian berbasis pesantren. Bukan sekedar ilmu pengetahuan, tapi langkah nyata meningkatkan kesadaran, minat, dan bekal berwirausaha tani saat kembali ke masyarakat.

Begitu juga dengan para santri dari pondok pesantren Al Furqon dan Jamsu yang mempunyai semangat yang tinggi dalam mengembangkan bisnis wirausaha berbasis peternakan sehingga menjadikan mereka mitra strategis dalam berkolaborasi dengan instansi pemerintah maupun swasta.

Pendampingan dan pembinaan terus dilakukan terutama dari Balitbangtan BPTP Jawa Tengah terhadap program santri milenial ini dengan menggandeng mitra yaitu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes dengan memasukkan program tersebut menjadi program daerah.

Keduanya saling bersinergi bersama membangun kemandirian usaha berbasis peternakan dan menciptakan sumber daya manusia unggul yaitu para santri yang tidak hanya pintar sembahyang dan mengaji tetapi juga mandiri dan ahli berbisnis.

InsyaAllah para santri dan di wilayah sekitarnya akan semakin sejahtera.

Sub Sektor : Ayam KUB
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/Bptp.balitbangtan.jateng/posts/560988354637147