2021-03-05

Mentan GERDAL OPT di Boyolali dan Karanganyar

BPTP JAWA TENGAH
...

Gerakan Pengendalian OPT Di Kabupaten Karanganyar dan Boyolali.

Tidak dapat dipungkiri, satu-satunya sektor di Indonesia yang bertahan menghadapi pandemi bahkan mencatat pertumbuhan positif adalah sektor pertanian.

Salah satu gerakan nyata di lapangan adalah gerakan padat karya di kawasan integrated farming berbasis korporasi petani yang hari ini dilakukan oleh Menteri Pertanian Dr.H. Sahrul Yasin Limpo S. H., MSi. M.Hum., didampingi staf Ahli Mentan, anggota DPR RI dan DPD pejabat eselon I yaitu Dirjenbun, Dirjen TP, Dirjen Hortikultura dan Kabarantan.

Lokasi pertama kunjungan di Desa Keling, Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Mentan didampingi Bupati Karanganyar melakukan GERDAL (gerakan pengendalian) OPT dalam acara Gerakan Padat Karya Pengendalian WBC, Penanganan Dampak Perubahan Iklim Serta Penanaman Jeruk dan Kelapa untuk pemulihan ekonomi nasional

Pada Musim Tanam I diberbagai wilayah sentra padi di Jateng karena curah hujan tinggi, kelembaban tinggi intensitas cahaya matahari rendah dan berdampak pada perkembangan beberapa OPT seperti penyakit kresek atau hawar daun bakteri (HDB) dan juga hama wereng. Gerdal OPT juga dilakukan saat mengunjungi lokasi yang kedua yaitu di wilayah Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.

Pada kesempatan kunker tersebut Mentan menyerahkan bantuan kementerian pertanian berupa bibit jeruk, bibit kelapa, benih padi, dan juga alat semprot. Menteri Pertanian bersama bupati dan wakil bupati serta pejabat eselon I Kementan serta anggota DPR RI berkesempatan menanam bibit kelapa dan jeruk di kedua lokasi kunjungan.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : FARMING KORPORASI PETANI
https://web.facebook.com/Bptp.balitbangtan.jateng/posts/908133929922586