2021-03-05

Desa Wotan... Hamparannya sawahnya lebih dari 1.700 hektar dan dikelola secara serempak

BPTP JAWA TENGAH
...

Wotan...salah satu desa di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati . Desa Wotan menjadi satu-satunya wilayah yang hamparannya sawahnya lebih dari 1.700 hektar dan dikelola secara serempak oleh para petani mereka dengan menggunakan komponen teknologi antara lain varietas Inpari 32 dan 42, kemudian menggunakan biodekomposer, pupuk hayati sebagai seed treatment, pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) serta penggunaan mekanisasi seperti combine harvester.

Yang unik dari para petani Desa Wotan adalah mereka melakukan semua di atas dengan swadaya. Bahkan dalam sekali panen secara serempak, maka akan terlihat puluhan combine harvester berseliweran di lahan sawah mereka yang juga didukung dengan pengairan yang bagus. Maka tidak heran rata-rata hasil panen mereka adalah sekitar 8 ton/ha GKP. Dan tidak heran juga bahwa Menteri Pertanian memuji kinerja petani dan penyuluh lapang yang selalu mendampingi kegiatan mereka.

Dalam satu kali kesempatan, kajimin pernah bertemu mereka sedang siap-siap menuju BBpadi Sukamandi untuk belajar menggunakan varietas-varietas unggul baru lainnya yang dapat semakin meningkatkan produktivitas hasil panen mereka dikemudian hari.

Ayo para petani...mari kita selalu belajar untuk lebih baik.. tidak hanya untuk kita sendiri, tapi untuk penerus kita dimasa yang akan datang.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : VUB
https://web.facebook.com/Bptp.balitbangtan.jateng/posts/907944316608214